Pendidikan Lanjutan Perawat Gigi

Perawat Gigi saat ini tidak perlu berkecil hati karena pendidikannya dapat meningkat, tidak hanya SPRG atau AKG.  Jenjang Pendidikan perawat gigi semakin luas setelah DIII kesehatan gigi yaitu :

  1. DIV Perawat Gigi Pendidik di JKG Bandung
  2. DIV Gigi Komunitas di JKG Semarang
  3. DIV Perawat Gigi Spesialistik di JKG Jogjakarta
  4. DIV Perawat Gigi Spesialistik Bedah Mulut dan Orthodonsi di JKG Bandung
  5. DIV Perawat Gigi Spesialistik Prosthodonsi di JKG Tasikmalaya

semua institusi tersebut dibawah naungan Pusdiknakes Depkes. Tetapi ada juga pendidikan S1 Keperawatan Gigi di FKG UGM. Untuk Perawat Gigi yang telah menempuh pendidikan S1 non-kesehatan / non keperawatan gigi tidak perlu kecil hati karena tetap diakui sebagai komunitas profesi perawat gigi berdasarkan Kepmenkes Nomor 378/Menkes/SK/III/2007. Selanjutnya perawat gigi lulusan DIV juga bisa melanjutkan pendidikan sampai S2, antara lain :

S2 Magister Promosi dan Manajemen Kesehatan Gigi dan Mulut (UGM)
S2 Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (UNDIP), dll

Makanya ayo….sekolah……

About these ads

189 Balasan ke Pendidikan Lanjutan Perawat Gigi

  1. Angga mengatakan:

    hehe, sekolah mau sih. tapi lom ada duitnya :D nti lah kalau udah ada duit buat sekolah lagi

  2. afa mengatakan:

    btuuul. mndingan buat bayar utang dl. drpd bwt kul. he..he..

  3. sulur mengatakan:

    to: Angga & Afa

    Jangan gitu dong… ayo semangat…. aku yakin kamu bisa sekolah lagi,masalah uang/rezki biar Allah yang ngatur tapi niatkan kita mau maju dengan pendidikan dan tetap belajar sehingga Allah akan memberikan kemajuan untuk perawat gigi Indonesia (cielah… pak guru lagi kasih nasehat….. he…he…)

    Sukses Perawat Gigi Indonesia

  4. setya mengatakan:

    oh iya sekolah boleh dikejar setinggi langit, tapi kalau kita lihat di lapangan emang tidak semudah yang kita bayangkan bpk2 ibuk2,, kita boleh ambil spesialistik kalau kita jadi PNS mungkin, untuk naikin golongan, tapi yach namanya kita kerja di swasta, tapi bolehlah, dan kita harus bangga dengan profesi kita,

    OH YA BAGI TEMEN2 JKG SEMARANG boleh buka di blog kita terutama untuk angkatan 2003, kita tunggu kabar berita kalian,,
    salam buat bapak2 dosen JKG semarang,

  5. Angga mengatakan:

    Yahh ayo semangat…… kemarin-kemarin semangat mau sekolah tapi denger2 isu nda ade beasiswa lagi dari DIPA jadi mundur deh, maklum antrian di Bank masih sampe awal 2012, terus yang terpenting lagi nih, umur udah 25 tapi belum menyempurnakan 1/2 dien (jadi curhat :D )

  6. 7k65m6 mengatakan:

    To : Setya
    Memang Pengurus PPGI Pusat harus mulai memikirkan temen-temen yang kerja di Swasta, jadi ada tambahan manfaat bagi anggota yang kerja di swasta dan mereka juga juga harus aktif sebagai anggota PPGI, bagaimana….. ? siapkah Anda melakukan konsolidasi untuk perawat gigi di Papua ?
    Sekolah bukan hanya untuk naik pangkat (yg PNS) tapi jg tambah ilmu yg legal (swasta).

    To : Angga
    Kl sekolah lagi aku do’akan 1/2 dien nya tercapai (aku tahu yg km maksud) :-)

  7. Pratiwi mengatakan:

    hai smua……boleh gabung khan.
    Shcool lg…? mau banget, aq pingin bgt. Tapi kayakx alasan klasik yg jd kendala…. Biaya yg ga mo diajak kompromi. Cb ada yg baek hati kasih beasiswa u.aq ke S2.
    To. Setya
    justru persaingan di Swasta lebih berat lho. Kalo ilmu qta ga berkembang bisa2 qta kena tendang….. he..he..he….

  8. Lusi Hidayah mengatakan:

    hai smua…aq mo gbung ne d comunitty pewt gigi, cos insyaallah oktober ne aq d wsda…about ngelanjutin kuliah, c msh ad kemaun kq, t’utama DIV Perawat Gigi Spesialistik Bedah Mulut dan Orthodonsi di JKG Bandung…PENGEN BGT…pi c g tau brapa biaya na n apa syarat2 + jdwal pendaftaran na kpn?? tu 1 lg pertanyaan c bt PPGI pusat, yaitu gimana caranya buat persatuan perawat gigi yang untk daerah riau, krn sampai saat ini blum ad,,tlg jwban na. Thanks b4

  9. emilianus se (ende) mengatakan:

    ya..lebih baik saya kasih buat adik2 saja yang masih mau sekolah,asal sudah sekolah tinggi jangan sombong..

  10. ferdi JKG Poltekkes Depkes kupang mengatakan:

    SDM prg memang harus di tingkatkan,sehingga kedepan prg menjadi penabil kebijakan di JKG tuk memperjuangkan apa yang menjadi harapan prg di Indonesia,Tq Salam

  11. roro mengatakan:

    sekolah…….?mau banget…,tp tetep aja tdk ada peningkatan utk jbtan..Sistem kita msh belum kearah prestasi tp masa kerja and senioritas dan terpenting lagi siapa yang dekat dengan pejabat…tul ngga?mau pinter kek..kalo tdk dkt pengambil kebijakam ya podo wae…opo lg terbiasa dgn membw crita masalalu..wah tmbah masuk kotak walau pinter,berdedikasi ataupun penuh ide……….

  12. CR7 mengatakan:

    Jauh2 t4 kuliahx! Gw tggu buka di samarinda aja!

  13. JULE mengatakan:

    lanjut sekolahnya ntar nunggu klo ada yang mau ngasih bea siswa aja ah………..sekarang cukup ngurus suami ma anak dulu………tapi aku tetep bangga jadi perawat gigi kok…salam buat temen-temen angkatan 2003..

  14. ndha mengatakan:

    wahhhhhhhhh asyikkkkkk tuh

    mnta informasi lbih lanjut tntang DIV perawat gigi spesialis bedah mulut dan orthodonsinya………..
    thanks sblumnya ya

  15. dhiar mengatakan:

    Assalammu’alaikum…

    Wah banyak juga yg mau sekolah lagi…
    Bagus lah..ilmu emang mesthi berkembang..

    Salam kenal to sma tmn2 ppgi
    Salam kangen tuk angkatan 2003 JKG SMG..
    dan para dosennya…

  16. Remon mengatakan:

    Kedepan yang perlu dipikirkan gimana pendidikan perawat gigi ini tidak lagi pendidikan semacam vokasi, karena hanya akan jadi dental asisten atau dental auxyllaris alias pembantu dokter gigi, so….. buat depkes dan poltekkes jgn hanya cari proyek dgn mendidik calon perawat gigi, pikirkan juga tanggung jawab moral anda agar mereka menjadi tenaga profesional

  17. imam mengatakan:

    as.wr.wb soal sekolah sih boleh aja tpi setelah lls nanti apa kerja kta nanti ttp jd dental asisten ato nggak

  18. imam mengatakan:

    apa kabra muanya ank jkg smg angkatan 2002?

  19. azis mengatakan:

    to ; stya dan imam

    ayo sekolah lg, yg semangat ya.
    biar ngak nyuci terus.
    hehe

  20. imam from mbloro mengatakan:

    to; semua prg di indonesia

    ada kenyataan yg hrs di pahami dilapangan sbg perawat gigi dan ini nyata dan benar

    percuma sekolah lg klo kerjanya coma pegang suction dan nyuci alat doank.

  21. azis mengatakan:

    to; imam

    ngak boleh gitu donk
    paling ngak kalo sekolah lg kAn tambah ilmu.dalam saksen yo to!!

  22. samsul 2006 mengatakan:

    to : azis N imam M

    mas imam janga gitu dunk kerja perawat gigi bukan suction doankk…dan ada kata mutiara carilah ilmu sampai tua…..n sekolah tu penting bgt, siapa tau dapat ilmu dan formula terbaru dalam nyuci alat dengan seribu tangan…..
    yang penting banggaah dengan profesi kita !!!!!

  23. setya mengatakan:

    hai teman2 perawat gigi setanah air,,,
    buat semuanya memang sekolah penting,, tapi ga bisa dipungkiri juga kalau kita sekolah hanya cuman pengen dapet ilmunya juga,, yang jelas kita harus dapat timbal baliknya dari sekolah itu,, kecuali sekolahnya bayare pake daun boleh-boleh aja!!!

    buat mas imam kayaknya dah bosen jadi perawat gigi yah,he22, mbecak aee mass,,,biar tambah kekar

  24. Remon mengatakan:

    saya setuju dgn pendapat mas imam, dan itu memang kenyataan yg gak bisa dipungkiri, sejauh ini pendidikan S1 Keperawatan gigi di UGM-pun arahnya hanya untuk jadi dental asisten, karena yg nyiptain perawat gigi adalah dokter gigi bukan perawat gigi, ayo PPGI tunjukan nyalimu, mana tanggung jawabmu, buat perawat gigi se-Indonesia jgn terbuai dengan pendidikan yg berlanjut kalau hanya diciptakan tak lebih dari seorang kacung, buat mas Setya kalau nasib ini bisa dibalik……maka saya lebih memilih tidak jadi apa-apa daripada seumur hidup jadi pembantu dokter gigi, wasssalam

    • rinda setriayu mengatakan:

      caiyooooooooooooooo perawat gigi………

      bkn brrti dengan jd asistant tuh kita g nglnjtin kuliah…
      kuliah tmbah ilmu koq…

      n smua dktr gigi pun g spntr n sbgus prktk kita klo dlapangan…jd g bleh down gtu dunk..klo g kt yg bnggakn profesi kita sapa lagi coba?????
      kta kn juga bisa buka prktek…..

      • Remon mengatakan:

        boleh saja ngelanjutin kuliah, tp kuliah yg bisa meningkatkan harkat dan martabat kita, bukannya yg cuma bisa bikin sarjana tp gak diakui kemandirian profesinya, coba deh renungkan kembali sekolah yg ada. S1 Kep.gigi di ugm sudah tutup buat tamatan D3 Kesehatan gigi, tinggal DIV yang jelas-jelas itu adalah pendidikan vokasional bukan pendidikan akademik yg berlanjut menjadi profesi

  25. azis mengatakan:

    hai pren sejawat se indonesia
    wah parah bos perawat gigi = kacung

    ters kalo ngak mau jd assistant . mau jd apa pren? operator? berarti anda salah jurusan.

    • mela sari nelsa mengatakan:

      ass…slm knal untuk tmn sjawat se_indonesia
      saya stuju dg pdpt mas aziz, mnrt saya wlupun qt cm jd asstn, tp jd lah seorg asst yang b’martabat, g’mudah mngeluh,dan cb lah utk mcntai apa yang telah qt proleh. spy ht qt tnang dan damai.. ini brarti qt g’hrs mnyerah tmn…tp ttp bjuang utk kjayaan PPGI qt dan jg tmbah ilmu.
      dan msi bnyak yang bs qt lakukan di luar sn sbgai smpingan, krn g’satu jalan untk cari uang tmn. asal qt g’ gengsian dan mdh pts asa. so…klo bkn kptensi qt, yach jgn dilirik (krn dari pada dari pada…..lebih baik lebih baik…)

    • DJEMBAR WIBOWO mengatakan:

      Kalau kita profesional…hilangkan bahasa Assisten….kita adalah Mitra Dokter Gigi.

  26. imam mengatakan:

    wah ane stuju skali dngan pndptna mas camcul,klo kt skolah lg kan tmbh ilmu,ilmu mencuci alat dngan tangan seribu ya ga temen2….

  27. imam mengatakan:

    bukana ane bosan jd prwt gg pot,klo mbecak bayarani sak tikruk ane milih mbecak wae ya ga temen2…

  28. imam mengatakan:

    percuma kt sekolah lg,klo ijazahna ga bs buat ningkatin karier,ya ga temen2…

  29. imam mengatakan:

    klo sekolahna bayarna pake daun,kagak masalah coy…

  30. imam mengatakan:

    buat mas azis
    klo pngen sekolah lg silahkan,spa tau dgn sklh lg ntar cepet dpt ce…hohooooooooo..

  31. atik mengatakan:

    aloha pa sulurrrrr…ni atik jkg semarang extensi.pengen nanya banyak soal d4 bedah mulut di bandung,kasih alamat situs yang lengkap pa sulur…udah ta cari tapi tidak memuaskan..pokoknya tetek bengeknya yaw, dari pendaftarannya,tempatnya sampe biayanya…hee,thx pa

  32. robet mengatakan:

    Assalammu’alaikum…..

    Mas2 dan mba2,,,,kok meributkan sekolah…
    hehhehe aq sekarang hadir di Tembagapura..
    Gaji lumayan pok,,,
    Pajake ae bisa go mbayar PNS sing lao2

    Maaf,,,ni suaranya orang yg sakit hati krn tdk lulus tes PNS.

  33. iyo bet tp ati ati tumbalnya berat lho….
    ojo koyo mas masmu
    hehehe
    cah srengseng’

  34. dara mengatakan:

    ass. saya lg butuh pengumuman pendaftaran s1 keperawatan ggi di ugm, saya dari dr d3 diploma kesehatan gigi, o y tolong dukk……butuh banget neh, kalo bs kirimin ke mail saya y d4ragirl85@gmail.com. thank’ bgt atas bantuannya.

  35. yunan mengatakan:

    saya adalah perawat gigi dari ambon,
    kenapa sampai sekarang tidak pernah dikirimin surat dari ppgi pusat ke ambon jika ada seminar ppgi atau informasi lainnya tentang perawat gigi

  36. samsul mengatakan:

    waduh ziss, kalo niat kuliah nye cuma buat dapetin cewek ngapain repot-repot pusing mikirin pelajaran, mending ke kali jodo or kramat tunggak ato ke jembatan tiga malah tingal nunjuk dapet banyak bung,,,,
    yang pasti kuliah lagi itu perlu coz ilmu semakin berkembang jadi kita biar ga ketinggalan kreta…

  37. samsull mengatakan:

    pak,, tolong dikasih tau teetang DIV Perawat Gigi Spesialistik di JKG Jogjakarta, itu menuju ke spesilis apa ???? konservasi,, Orthodontie, phrosthodonsi.

  38. kempoantolin mengatakan:

    hai teman2 ngomongin sekolah asik juga,, tapi kalau inget duite jadi ga enak juga ya,, sekarang mahale bos..
    buat mas robet jangan nyinggung gitu,, sombong peh sekarang gajiane koma-koma,,PNS tu nda seindah yang dibayangkan, besar tanggung jawabnya, pada yang di atas juga pada atasan, gaji juga pas2 an, bersyukur wae kalau saya nda ketrima pns sampean juga gak ke papua to.. he2..
    buat samsul,, sekulah bareng yuuuukkk

  39. sandye mengatakan:

    Lanjut sekolah lagi KENAPA TIDAK!!!, asal ada kemauan psti rejki akan sllu ad dsmpg org yg bener2 mau mlakukan sgl sesuatu dg sgguh2, klo ad ksmptn prgunakanlah dg baek2, lkukanlah sgl ssuatu hny u/ibdh ya Ga!!Perawat Gigi perlu orang2 yg mau bner2 bljr Klo pgEN diHargai Profsi Laen…bgi tmn2 ayo bgkit&SMGT agr kedpn kt dpt lbh baek lg.(slm SMgt sllu kami mhsiswa PSIKG’08)

  40. bambang sutomo mengatakan:

    buat mas azis
    ayo sekolah lagi
    di tunggu exsist nya.

  41. yuyun hidayat mengatakan:

    Pokoknya ambil positifnya aza (positife thingking) kita assistant kan dapet ilmu juga terus kita ambil kuliah lagi biar tambah pinter baik dari segi ilmu ataupun praktek. Gimana para ibu n bapak…..yang penting yang sekarang anda jalanin pasti tuhan tahu ko apa yang kita lakukan adalah perbuatan yang sangat mulia jangan berkecil hati……seperti lagunya Michael Jacson (Your not Alone) semua perawat gigi pasti bisa……

    Chayo Perawat Gigi Indonesia

  42. rinda setriayu mengatakan:

    mau dunk info lbih lanjut tentang syarat2
    DIV spesialistik bedah mulut dan ortodonsi JKG bandung????
    dan
    SI JKG UGM….
    mksih sbelumnya yah…..

  43. rinda mengatakan:

    for all==========D

    caiyooooo……g bleh merasa rndah gitu j…
    ayo kta banggakn profesi yg kta mliki…klo g kita sapa lagi ayo???????
    wala jd asisten tp jd lh kita asisten yg jauh lbh b’ilmu dlm prktek n teoriny dr dkter gigi…..
    kn g smua drg tuh jg ocey…..y kn?????kta jg bsa prktek koq…klo kta mau…mau…n mau….

  44. sulur mengatakan:

    Ada beberapa hal yang perlu di luruskan :
    Diskusi tentang keilmuan memang “sedikit” rancu manakala dikaitkan dengan “kewenangan” kita (Perawat Gigi) di Indonesia karena memang saat ini dikondisikan seperti yang Anda rasakan. Saat ini kita/PPGI sedang berjuang berkaitan dengan eksistensi Perawat Gigi yang telah dilahirkan sejak 1950. Kenyataan dilapangan hanya sedikit Perawat Gigi yang “mau dan ikhlas” berjuang demi eksistensi Perawat Gigi, sedangkan teman2 yang menuntut dan mengevaluasi lebih banyak tak ubahnya permainan sepak bola.
    Melalui forum ini saya mengajak “tidak perlu kita saling menyalahkan atau hanya mengevaluasi/mengkritik PPGI-Lembaga yang mendidik Perawat Gigi”, tolong berikan saran masukan yang berarti untuk PPGI-Lembaga yang mendidik Perawat Gigi. Masukan diperlukan untuk perbaikan dan jangan lupa gabung dengan organisasi profesi untuk memberikan perubahan seperti yang Anda harapkan. Kita/Perawat Gigi akan kuat jika bersatu dan tidak saling menjatuhkan/menyalahkan.

    “Ngelmu iku, kalokone kanthi laku
    Lekase lawan kas
    Tegese kas nyantosani
    Setya budya pangekese dur angkara”

    Terjemahan bebas : Mencari ilmu itu akan tercermin dengan tindak-tanduk setelah menguasai ilmu tersebut. Memberikan kesejahteraan dan menjauhkan dari kerusakan dimuka bumi.

    (Serat Wedhatama, Sri Paduka Mangkunegoro IV)

    Apa yang Anda cari wahai pencari ilmu ?
    Jabatan…. kedudukan…. kesejahteraan… kedamaian… renungkanlah…..

    Untuk rekan-rekan yang membutuhkan info lengkap pendidikan silahkan menghubungi situs masing-masing lembaga terkait.

    • DJEMBAR WIBOWO mengatakan:

      bekerja dengan jujur dan profesional…semangat tuk terus maju…lanjutkan ilmumu setinggi maumu…jangan pernah jemu.

      Jabatan … kedudukan … pangkat tdk perlu di buru, dia akan datang sendiri menjeputmu.

    • unadi darwin cilegon mengatakan:

      ass wr wb,
      salam kenal pa sulur, saya unadi lulusan sprg th 1979, ank IX. AKG,Depkes Bandung Ank III,th 2000. ……dst…… sekarang sbgi pejabat struktural PNS. (kecil kecilan…..pa).
      “apa yg dicari wahai pencari ilmu ?”
      - petama jabatan;
      - kedua kedudukan;
      - ketiga kesejahteraan;
      - keempat kedamaian…..;
      - kelima…………….;
      - keenam…………….;
      - dst,
      semuanya itu yg kita cari pa, mudah2an kita tdk termasuk orang orang yang munafik,,,,
      “I am is only family farmer……saya cuma dari keluarga buruh tani…………
      MOhon maaf pa Sulur saya dari daerah, dan sdh 30 tahun bertugas di daerah….PPGI atau apapun namanya tak pernah bermimpi dpt menolong kami…..selamat berjuang…..

    • Lilapuspitasari mengatakan:

      Pak mohon info situs JKG Bandung ya pak…aku tertarik bgt nih melanjutkan pendidikan ke DIV perawat spesialistik bedah mulut n orthodonti.trims b4 pak…

  45. puput rosyana mengatakan:

    ada ga program beasiswa untuk DIV???

  46. jasaris mengatakan:

    aq mau…….
    segera…
    q lanjutkan pendidikan q….

  47. yuliasih mengatakan:

    hi…..teman-teman perawat gigi sejawat
    aq angkatan 2003 poltekkes jakarta 1 hampir 90 % teman-temanqu masuk pns dan angkatan dibawahqu 100%,, tetap semangat untuk teman-teman yang diswasta masih banyak lowongan.
    ada sekolah baru tetap harus semangat menambah ketrampilan klo mau ngambil s1 fkm juga bagus or jurusan yang lain..
    kita bisa lebih berpengalaman dari dokter gigi karena kerja kita lebih berpengalaman, tidak hanya melihat pada satu kerja dokter.
    tetap semangattttttttt………

  48. DJEMBAR WIBOWO mengatakan:

    Semangat kawan…!!!
    Jalan tuk lebih maju dan bersaing semakin terbuka lebar. Saya lulus SPRG Depkes Jkt thn 1987, D3 saya AKPER (krn pd thn 90 an blm ada D3 Gigi, S1 sy FKM-UI Jurusan Informatika Kesehatan. Saat ini sy msh tgs pada Dinas Kesehatan Kab.Fakfak Papua Barat. Namun walaupun pekerjaan sy di STruktural, skill sy di bidang keshtn gigi tdk pernah ditinggalkan.

  49. rija mengatakan:

    Memang kalau kita mau jujur kita sebagai perawat gigi kadang2 merasa terlalu dianak tirikan dengan profesi yang lain, untuk itu agar kita mau eksis itu tergantung dari kita sendiri, kalau kita malas mengembangkan diri tentu akan terus terbelakang apalagi di era sekarang, untuk itu aq juga ikut tersuport untuk terus mengejar ilmu.Mohon info bagaimana dengan para lulusan AKG yang sudah PNS tapi ingin melanjutkan ke D IV tapi jalur khusus.
    Hai temen2 lulusan SPRG Bandung Angkatan 92 kapan kita reunian euy…..he..he… yeni, yudi, retih, solichatin, aduuuh…. kangen ni……………..

    • Markuntum Bolo-bolo mengatakan:

      salam kenal buat senior rija, saudarakan dari Bandung. bisa saudara berikan informasi tentang lanjutan D III gigi? n jurusan apa aja.

  50. amar mengatakan:

    salam semuanya

    dilihat dari keppres mengenai tugas pokok perawat gigi memang kita sudah hapal banget, baik dari segi promosi preventif dan kuratif sederhana,saya yakin kita bisa mengakses semua tugas pokok tersebut. melihat terlalu banyak ruanglingkup dari cangkupan yang belum mendapatkan fasilitas kesehatan masyarakat semisal desa ataupun sekolah2, memang sok dewasa jika saya mengajak semua pihak perawat gigi untuk berupaya bisa menjalani tugas yang harus diemban untuk sellau meningkatkan taraf kesehatan gigi masyarakat,tapi menurut saya solusi utama dalam masalah ini bukan dari satu pihak saja akan tetapi mencangkup semua element baik dari lembaga profesi,pemerintah (baik pemerintah ataupun dinas kesehatan), dan instalasi terkait (sasaran utama).
    wadah2 sosila perawat gigi mememang banyk akan tetapi saya lihat wadah tersebut hanya bisa menjanjikan “angan2″ saja semestinya mereka memberikan solusi tentang gelar yang telah kami dapat , terlalau bijak aku tidak marah kepeda mereka dan terlalu childness jika aku diam.
    tidak ada solusi manjur dalam permasalahan ini globaly dikembalikan pada diri anda sendiri sesuai dengan usaha yang anda lakukan,
    dear pak sulur
    terimakasih say ucapkan telah membimbing kami semasa kami kuliah,,, saya tunggu kabar dari anda mengenai gebrakan signifikan dari teman2 perawat gigi

    • unadi darwin cilegon mengatakan:

      amar sy salut dg harapan harapan mu, tapi tolong kamu baca lagi tulisanmu itu, masih perlu banyak belajar (sorry).Contoh :
      - apa bedanya pemerintah dg dinas kesehatan ,
      - maksudnya instansi terkait, tapi yg kau tulis instalasi ( listrik kaleee..)
      - element (?), elemen…
      - wadah sosila (?) sosial …
      - dst.
      tapi kamu tetep nomor satu ko…..

  51. Dewi Candra, SSiT mengatakan:

    Untuk mendapatkan beasiswa S2 bagi PNS perawat gigi diluar Depkes bisa tdk?? Syarat-syaratnya apa saja kalau mau mengajukan bea siswa ke Depkes?? trimakasih.

  52. adihacita mengatakan:

    Ada yang mo bantuin saya cari sekolah ngga???? @mas Sulur bantuin mas saya pingin sekolah…tolong…tolong..

  53. ratna mengatakan:

    perawat gigi swasta..bisa ga jadi anggota PPGI

  54. dyah purnaningrum AMKg mengatakan:

    maju terus perawat gigi…pengen kuliah lg,,,mga ja tahun depan dapat rejeki lebih buat kuliah lg…maju terus anak bangsa….

  55. Hence laoh mengatakan:

    Aku bangga dgn profesiku sbg perawat gigi….tp mau nambah sekolah?ah…pikir2 dulu,duit nggk punya,kalo pun punya mending jd Caleg aja biar bs bantu2 org susah yg pingin jd perawat gigi…oh ya salam buat teman2 alumnus SPRG Manado thn ’92…..,,

  56. herawati zalma mengatakan:

    skul truzzz ah…. biar mju………………………..^_^

  57. Sekar Ayu ( Poltekkes) mengatakan:

    Kapan nih ada beasiswa di luar negri????

  58. ri2n mengatakan:

    Wah baru keras nich begitu masuk lingkungan akademis, mau gak mau harus sekolah lg, ayo perawat gigi bareng2 ngelanjutin biar kita gak ketinggalan n kelihatan jelas job kerjanya, semangat……1

  59. N.N mengatakan:

    ayo sekolah

  60. yudi mengatakan:

    ayo-ayo podo sekolah………jangan patah semangat, soal biaya pikir sambil jalan. InsyaAllah ada jalan keluarnya

  61. rusma mengatakan:

    ayo sekolah. biar pintar.

  62. ramilda mengatakan:

    buat siapa aja mohon informasi temen2 angkatan thn 86…
    ditunnggu ya???? khususnya SPRG Jakarta

  63. Marlina mengatakan:

    saya tertarik S2 Magister Promosi dan Manajemen Kesehatan Gigi dan Mulut (UGM), bagaimana carax, mohon informasix, tq

  64. Syahbandi mengatakan:

    Situs2 mau cari informasi JPG D4 PROSTODONTI Dimana ya, sy mau tahu kurikulumnya, thanks. Salam dari perawat gigi samarinda

  65. taufiq dahlan mengatakan:

    okelah kalo bgitu.. gw mau lanjut sekolah ah.. tapi kalo ke jwa terlalu jauh tuh,, tnggu2 aja d buka d makassar.. KapaN y..??? Salm Sejawat PPGI cab. pangkep sul-sel

  66. eno nurhasanah mengatakan:

    sekolah…?mau banget,tapi yang repot ngatur waktunya,kita kerja sampe sore,di AKG jakarta kan ga ada jam kuliah yang sabtu minggu,coba kalo ada temen2 pasti pada mau,buat PPGI gimana nih…biar kita bisa kuliah sabtu n minggu he..he..!kita kan yang kerja diswasta pingin maju juga.

    • riskiyah mengatakan:

      siiip…aq suka banget dengan semangat anda u/ sekolah lg.kan ada PPGI wadah u/ bisa diadakan sekolah tho yaaa….AYO PENGURUS PPGI JKT PERJUANGKAN DOOONG…

      • darmawan.kukuh@yahoo.com mengatakan:

        Untuk semua Pengurus PPGI Nasional.tolong diusulkan untuk semua PRG supaya bisa izin prakatek mandiri.

  67. riskiyah mengatakan:

    bpk2ibu2 yang terhormat yang dh senior pastinya da mlz mikir u/ kuliah lg mending praktek cari duit tpi yang muda butuh kuliah lg u/ bisa dapt ijin praktek pak bu…jdi dorong dooong buat qt2 u/ semangat sekolah lagi nich… tul ndaak….

  68. mitha mengatakan:

    mmmmmm…kayanya seru nii…
    mnta informasi donk…
    saya dari Jkg padang mo nanya…
    DIV perawat gigi pendidik it ntar gelar kita apa yah???
    kapan penerimaan mahasiswa baru nya??
    butuh informasi bgd nih!!!

  69. Abdu Ridho Albab mengatakan:

    bu Ramilda cari temen lama ya?,posisi di mana sekarang?

  70. Kurnia Purnama Aditya mengatakan:

    saya keperawatan Gigi S1 FKG UGM, angkatan pertama..
    Kami disiapkan dlm praktik dan teori yg lebih dalam n spesifik..
    peluang pekerjaan kami da 3,
    1.dental teraphyst, 2.Dental Hygiens, 3.Dental asistan..
    Slain itu, qt jg dpt mjd DOSEN bwt kep. gigi DIII/DIV/S1..
    di fakultas qt tsedia b’bagai sarana-prasarana, spt laboratorium n RSGM..
    sekian yg bs sy informasikan ttg kep gigi S1 UGM….

    • cardo mengatakan:

      apa iya ada perawat gigi di UGM??
      atau transfer dari perawat gigi ke dokter gigi disana??
      mohon informasinya…trimzzz
      aq dari perawat gigi poltekkes Depkes Medan..

      • septika prismasari mengatakan:

        di UGM ada s1 Keperawatan Gigi, saya angkatan ke-2

        memang khusus untuk pendidikan perawat gigi, bukan transfer ke drg.

    • Halima Tena mengatakan:

      saya perawat gigi lulusan D3 JKG kupang, mo tanya kapan di buka lagi pendidikan S1 Keperawatan Gigi UGM

      • septika prismasari mengatakan:

        untuk jalur ekstensi (D3 ke S1) saya kurang tahu. menurut kabar sudah ditutup oleh pihak UGM

  71. cardo mengatakan:

    harus masuk S2 perawat gigi q bahhh
    doakan y
    klo ada informasi penting,tolong beritahu saya

  72. JOKO mengatakan:

    saya cuman mau bilang buat akg poltekkes di makassar jangan hanya bicara doang…..katanya mau buka d IV gigi di makassar tapi nyatanya sampe sekarang dari awal kuliah hingga sy tamat 3 tahun tapi belum ada juga…..katanya sih sdh di setujui ma poltekkes makassar tapi knp sampe sekarang belum buka malah yang di buka D3 kesehatan gigi swasta…….buat dosen2 akg makassar hanya ada satu kalima buat mereka….GAYANAJIII DAN JANGAN MATRE DONG

  73. unadi darwin cilegon mengatakan:

    kalau mo jadi profesional kesgi hanya ada dua pilihan jadi tehniker gigi, atau dokter gigi, kecuali yg berkarier pada institusi paendidikan. karena berbeda tufoksi yg ada di institusi pendidikan dg yg di Puskesmas, ,,, jadi omong kosong kalau ada yg bilang perwatgigi profesional itu, tetep aja akan menjadi pencuci alat alat toh?, atawa pindah profesi(minculak) jiga saya… ambil manajmen misalnya….tong eleh geleng pokona mah……enye teu ?

  74. unadi darwin cilegon mengatakan:

    makanya buat anak cucu kita, perlu dipikirkan masak masak, mau profesional apa mau sakola anu koreh koreh cok,,,asup ka AKG. Anu aya biaya bari budakna pinter asup ka FKG, atawa saklola lain , tong ka AKG nya,,,,, sabab eta mah sakola insidentil,,,mentok, tergantung kebutuhan, sanajan S2 oge apan tetep ari sebutana mah PRG… heueheuey…deuhhhh, bukan mengarti kecilkan PRG, Tapi lamun hanyang EXIS di Kesgi,,,salah jurusan, karena AKG mah memang dicetak sbgi mitra drg. Piraku jabatan asisten drg wae kudu S1 atawa S2, apan teu lucu, ahhh aya aya wae………euy.

  75. yayuk telukkuantan riau mengatakan:

    sudah 15 th sejak saya disumpah jadi prg, dah kerja di pkm bahkan di rs, tapi ttp aja jd asisten, cabut gigi cuma boleh gigi susu karna nyabut gigi permanen gak masuk kredit point untk naik pangkat, malah masuk kredit poinnya dokter gigi, capek dikita enak di mereka dong… padahal pekerjaan di pkm hampir dikatakan tdk ada yg dpt dinilai utk kredit kenaikan pangkat, apalagi kalau di pkmnya gak ada drg… PPGI gimana dong supaya prg bisa seperti perawat yg jd mitra dr atau bahkan independen seperti bidan yg sama sekali bukan pembantu dokter kebidanan?..

  76. isma sutrayandi mengatakan:

    tlg donk bagi senior2 perawat gigi untuk lbih memperhatikan kami prawat2 gigi yg berada di Indonesia Tengah dan timur, kami ingin skali jga melanjutkan pendidikan kami yg hanya rata” lulusan sprg , tp kendala kami karna tempat sekolah harus ke pulau jawa itu yg jadi kendala bagi kami, tlg di fikirkan untuk kami.., trima kasih..,

    • unadi darwin cilegon mengatakan:

      nih cuma saran buat de isma nun jauh di Indonesia timur,juga mbk yayuk yg sedang putus asa; menambah ilmu itu tdk harus sejalan dg ilmu yg sdh kita dpt (sprg), karena kalau itu yg diingini sulit sekalai (sprg/akg sekolah dg rumpun yg khusus), tapi bisa menempuh /melanjutkan kejurusan lain, yg penting bisa membuat de isma dan mba yayuk bertambah wawasan, lbh percaya diri dan dpt memrubah cara pandang, berwawasan kedepan, insyaallah nanti akan terbuka lebar, jalan menuju sukses,,,,amiiiiin.

      • yayuk telukkuantan riau mengatakan:

        mas unadi… aku bukannya kecewa tp kok ya miris aja gitu loh, meskipun aku udah SKM dan udah jadi ka sug bag yang nyasar (bag program) tapi kok aku ngerasa gak ada yg bs aku lakukan utk masalah asistensi itu, atasanku jg bilang gitu, ngapain ke fungsional lagi kalo cuma mo nyuci alat doang? mending di manajemen… otakku kepake…

    • unadi darwin cilegon mengatakan:

      nih cuma saran buat de isma nun jauh di Indonesia timur,juga mbk yayuk yg sedang putus asa; menambah ilmu itu tdk harus sejalan dg ilmu yg sdh kita dpt (sprg), karena kalau itu yg diingini sulit sekali (sprg/akg sekolah dg rumpun yg khusus), tapi bisa menempuh /melanjutkan kejurusan lain, yg penting bisa membuat de isma dan mba yayuk bertambah wawasan, lbh percaya diri dan dpt merubah cara pandang, berwawasan kedepan, insyaallah nanti akan terbuka lebar, jalan menuju sukses,,,,amiiiiin.

  77. irna mengatakan:

    kalo S1 keperawatan Gigi di FKG UGm udah berz kuliahnya kira” jadi apa??apakah masih tetap jd ass. drg ?

    • unadi darwin cilegon mengatakan:

      tetep……prg …..

      • darmawan.kukuh@yahoo.com mengatakan:

        jgn kalah sama tukang gigi, kita sebagai prg yang punya wadah PPGI, kita juga harus bisa praktek seperti tukang gigi.apa gunanya ada PPGI kalau tidak bisa melindungi anggotanya.

  78. Kurnia Purnama Aditya mengatakan:

    lihat di penjelasan saya di atas..

  79. Vera mengatakan:

    Poltekes bandung pnya situs gak? Bagi info’y dunk.

  80. Vera kurniati mengatakan:

    Alumni JKG Semarang 2000… Dimana kalian.. Kangen ni… Kpn kita reuni…!!!

  81. unadi darwin cilegon mengatakan:

    utk mba Yayuk.. wah kamu hebat..kamu sdh msk distruktural, lupakan jab.fungsional…sekarang ngambil S2 nya apa saja, untuk menunjang kepangkatan mu…maju terus pantang mundur !!!!, buktikan bhw PRG. bukan manusia bodoh, tapi mampu menangani perencanaan,,keuangan, kepegawaian..kesling…apa saja, asal sdh ada kepercayaan pimpinan….ok. selAMat dan tambah sukses

    hormat, saya dari BANTEN..

  82. unadi darwin cilegon mengatakan:

    UTK, Sdr Sulur,, (saya sdh membuka diri), tolong dong jangan pergi begitu saja dari forum ini, msh banyak yg ingin kami bicarakan, jngan sampai generasi muda kita.. cuma ngarepin kemurahan ide idemu,, wawasannya jd terpangkas, ga mampu melirik bidang lain, biarkan mereka berkarya seluas-luasnya,,,,emh…emh….uoooohhhhhh..

  83. unadi darwin cilegon mengatakan:

    kau yang mulai, kau yang mengahiri
    kalau begini akhirnya
    tak mau ku baca tulisanmu…

    halloo sulur..bangun….!!!!!!

  84. didik mengatakan:

    hua..hua..sekolah…lanjuut…perlu dikaji kembali, ujung-ujungnya setelah lulus..untuk mencari kerja (bagi yang belum bekerja) atau meningkatkan penghasilan setelah kerja..alangkah baiknya SEANDAINYA setelah lulus kita dapat BEKERJA MANDIRI sesuai dengan bekal ilmu dari kuliah..? Apakah ini menjadi pemikiran bagi JKG seluruh Indonesia..atau hanya sebagai lahan mencari duit bagi dosen dll…tuk menambah maraknya bisnis pendidikan?

    • yayuk telukkuantan riau mengatakan:

      betul mas… tapi setahu saya ya… beberapa tahun yg lalu sy dpt info bahwa prg bisa membuka praktek mandiri dg syarat:
      1. satu tempat praktek mandiri tdd min 3 org prg
      2. satu dokter gigi pengawas (stand by ato nggak itu kesepakatan aja kali yaa..)
      3. semua prg sudah harus memiliki SIPG drg sdh registrasi
      4. tempat praktek hrs mendpt ijin dr dinkes setempat
      5. yg lain kurang tahu…
      cm krn sy nggak berkecimpung disitu lg ya nggak sy tindaklanjuti…
      betul apa nggak sin mas unadi? PPGI?

      • unadi darwin cilegon mengatakan:

        sy kurang mengetahui, krn sy tdk suka melakukan hal hal yg tdk sy kuasai ( sy 100 %) tdk berkecimpung dlm hal pergigian apalagi praktik,,,, walaupun bgt.sy tdk akan melupakannya…

  85. unadi darwin cilegon mengatakan:

    ssttt..Didik ga boleh begitu..itu belum tentu salah… hihihi……..

  86. nenk mengatakan:

    pendaftaran sekolahnya di buka kpn? sy pengen bgt lanjut lg, bkn untuk naikin pangkat aja, tp sy rasa ilmu sy msh banyak kurangnya. mohon infonya. makasih

  87. darmawan.kukuh@yahoo.com mengatakan:

    Salam untuk prg se indonesia,tolong diadakan juga untuk wilayah jakarta mengenai sekolah lanjutan perawat gigi.apalagi untuk yang sudah PNS domisili di jakarta.

  88. dian purniasih mengatakan:

    gmn caranya jadi dosen Jurusan kesehatan Gigi???
    kuliahnya ambil di mana,Pendidik or komunitas…
    tmn2 yang tw jawab yach :)

  89. Mala sari mengatakan:

    iya nich …ikut gk ikut D IV Tetep aje prg , ast’n drg.. . mau praktek jadi mules,banyak mata2 y ….
    pa lagi ngerjain bucan conpetesi…..di bikin ribert n malah ribut…tak mau ach….

  90. Lilapuspitasari mengatakan:

    Salam kenal semua…aku tamatan Poltekes Padang , JKG Bukittinggi…. Sekolah lagi… Mauuu….tp ada gak beasiswa untuk perawat gigi DIII…?

  91. diman mengatakan:

    Mohon bantuannya…D3 JKG di jakarta selain poltekkes jkt 1. Ada dimana lagi ya???

  92. astuty auliaa mengatakan:

    Kuliah lg mauuuuuuuuuuuuuu…..

  93. Dewi Hermayetti mengatakan:

    Saya pengen kuliah lagi,mohon info tuk progsus jkg bandung,saya harus daftar kemana,saya sdh tanyakan ke poltekkes bdg tp menurut phk poltekkes klo progsus itu hrs ada yg memprakarsai,saya pengen kuliah tp tidak mengganggu jam krj krn saya krj di swasta,mksh atas bntuan tmn2…

  94. Arizto Uzumaki mengatakan:

    kuliah,,,,,,,,,,, coy

  95. hery mengatakan:

    hana peng ngon jak kuliah,,,
    meunyoe na beasiswa jeut!!!!!!!!!!!!!

  96. yanti elfra rosa mengatakan:

    YANTI ELFRA ROSA alumni depkes medan

    wahhhh pengen donk lanjuttt kul…tp 2taon lg bru bisaaa…pengen bedah mulut n ortho nya…

  97. HZ, JKG Poltekkes Padang.......... mengatakan:

    bisa nggak ya, kerja di rumah sakit tapi ngambil D IV perawat gigi pendidik…..

  98. Markuntum Bolo-bolo mengatakan:

    bingun setelah tamat d3 kesehatan gigi

  99. irwansa amkg mengatakan:

    mau tau dong info tentang penerimaan maru D-4 bedah mulut dan ortho poltekkes bandung. mohon diberitau syarat dan waktu pendaftaranya

    terimakasih

  100. hadehhh………………semua pertanyaan teman2 sepropesi gk ada yg jawab…

    sebenar nya website ne sapa yg pegang yaa..
    sedih melihat nasib perawat gigi inii………..

    ayoo kita bangkit!!!!

  101. resti mengatakan:

    kalo S1 keperawatan gigi di UGM ada jalur khusus ga lanjutan dr D3 apa itu hanya bisa dr reguler maksudnya dr lulusan SMA

  102. Srie Djoewita Lisady mengatakan:

    assalmmualaikum..
    apakah program studi ilmu keperwatan gigi d UGM membuka jalur khusus untuk lanjutan dari D III keperawatan gigi?
    mhon informasinya..

  103. Muslim mengatakan:

    Hai? Temen2 gue mau gabung jg ni.

  104. nie mengatakan:

    ass….
    salam kenal bagi senior2 ku…
    sya ingin skali dpt info ttg lanjut kul lg k jnjang yg lbh tinggi krna sya g may seumur hdup cmn jd “assistant” drg…tp prcuma aj klo sklh tinggi2 ujung2 ny ttp jd assistant..
    jd saya mnta saran ny dong k kakak2 senior lbh baik sya ngmbil jrusan ap d jnjang S1??

    mksh sblm ny..

  105. Markuntum Bolo-bolo mengatakan:

    haiii kawan2 semua,,,,, sekarang kita jangan sedih n merasa rendah, cpa bilang kita bakal jadi asisten drg sllu, sekarang sudah dibuka lanjutan DV(Kuliah Magister), maka dari itu marilah kita lanjutkan kuliah kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, apalagi di UNDIP or UGM uda ada Pasca Sarjana… mari semangat perawat gigi INDONESIA, n kita harus bagga jd seorang perawat Gigi, kalo bisa kita buat Ikatan Perawat Gigi Indonesia (IPGI)…………. MARIEEE SEMUANYAAA….!

  106. Diajeng Hastie mengatakan:

    alow smua perawat gigi………mari kita tingkatkan kwalitas kita

  107. lila mengatakan:

    Ayo…ayo sekolah :-)
    Yg d bandung bukanny yg ada spesialis ass bdh mulut n pendidik doank….
    Orthony emang ada….?

  108. ricardo mengatakan:

    biaya perkuliahan bagi yg mw masuk DIV kesehatan gigi berpa y pak?
    trus apa2 saja itu program DIV Perawat Gigi Spesialistik di JKG Jogjakarta?

  109. marlita mengatakan:

    biaya perkuliahan bagi yang mau masuk DIV kesehatan gigi spesialis bedah mulut di bandung berapa pak?
    spesialistik di jogja itu programnya apa?
    pendaftaran kapan?
    persyaratannya apa?

  110. panji mengatakan:

    maaf,saya mau tanya untuk yang perawat gigi senior yang sudah bekerja di swast ataupun negeri,,apa saja syarat untuk masuk jadi PNS atau pun di swasta??
    apakah masih banyak lowongan perawat gigi di swasta??
    kalau iya di daerah mana saja.
    terimakasih

    • jiran alkhanza mengatakan:

      panji@ klo mau daftar biasax persyaratanx stndarlah ijazah,transkip, dll itu klo PNS.klo swasta, info dari temanku banyakx dikalimantan sana….kamu tinggalx dimana?

  111. jiran alkhanza mengatakan:

    hidup perawat gigi……semangat ayo semangat biar gak diremehin…kita jg bisa lho….

  112. pengen banget lanjutin kuliah terutama jadi perawat yang punya keahlian khusus…aq udah lulus sarjana keperawatan…bisa gak aq lanjut di keperawatan gigi????

  113. santi mengatakan:

    hai teman2 perawat gigi…saya dari JKG Medan,,,
    minta infonya dong tentang DIV Jurusan keperawatan gigi, yg mana aja jg boleh……
    kapan tanggal pendaftaran dan apa persyaratanny, alny ntr lagi dah wisuda nih, pgen bgt lanjut kuliah, mpung msh muda!!
    tolong infony y teman2…..
    trm ksh…

  114. Dhenys Azis mengatakan:

    duh mau bgt sekolah lg gmn tu caray ada no yg bs d hub, g

  115. Sari mengatakan:

    Galau jadinya mau nerusin fakultas apa…

  116. noerhalimaeh mengatakan:

    q pengen kul d perawat gigi tp d riau gk da jurusan perawat gigi,, kira2 dimana ea q bsa msuk d perawat gigi thu………

  117. yanthi mengatakan:

    ku mau kuliah lg th ni,info ny kok gk jelas y?dbndung gk djelasin kpn pndftrn,n jurusan apa ja?trus yg dfkg ugm tu musti kuliah dr 0 y?gk bs extention dr d3?mhn info dong bgi yg pny info utk pkuliahn thn ni

  118. Sri Wahyoe Absal mengatakan:

    Klo untuk pendaftaran DIV perawat gigi pendidik kapan ya….??? Mohon infonya!! Thanks

  119. nopyan gilbert mengatakan:

    kpan pndftarannya DIV PERAWAT GIGI pendidik di bandung.mhon blsannya ya.

  120. dias mengatakan:

    kapan pendaftaran perawat gigi pendidik di bandung di mulai? mohon infonya

  121. maria ariandini mengatakan:

    aq mau tanya donk,, aq kan lulusan SPRG trus nerusin D3 teknik gigi,,,,,dan ingin meneruskan S1 keperawat gigi bisa ga ya ???
    klo bisa bagainmana prosesnya ?

  122. risya mengatakan:

    ahh,,,,kesel,ga jelas mo lajutin kmna…
    ga ada info yg terbaru ga kuliah lanjutan buat D3 gigi??
    S1 keperawatan gigi d UGM,bnr kh skrng sdh ga terima lanjutan dari D3 kes.gigi lg???
    truz masa mati d3 ajah,,.(T_T)
    bagi infox dunk,,

  123. susy mengatakan:

    info donk…lanjutan D3 perawat gigi yang deket manado ada ga??
    biar gak jdi bingung ginee…
    teman2 perawat dah pada nyandang ners …lah kita msi ajhaaa D3….

  124. fiqih mengatakan:

    hari ne tes ujian tulis dIV Prosto Tasikmalaya

  125. pak prsyaratannya apa?? kok gk da rincian n samacamnya

  126. Lisna mengatakan:

    hmm.. saya mau nanya kalo biaya pendidikan D4 nya kira-kira berapa?

  127. phietz mengatakan:

    kira2 perawat gigi bisa ga kayak perawat umum yg lanjut sekolah ke jenjang lebih tinggi dihargai profesinya.. bingung terlalu byk pilihan…DIV spesialis/S1

  128. lyhae mengatakan:

    bisa kasih info ga gimna cara daftarnya, trus kalo bisa biaya nya juga

    makasih

  129. susan mengatakan:

    pengen sih skolah lgi cuman anak2 msh kcil mgkin klau dah bsar dkit kali yach,….brsykurlah bgi yg dah skolah

  130. densarchitec mengatakan:

    jika jadi PNS : lulusan D3, pangkat IIc, lulusan DIV : IIIa, lulusan s1 : IIIa.. untuk tunjangan fungsional, D3: perawat gigi trampil, Lulusan DIV : perawat gigi ahli ( masih dlm proses ). S1 : belum jelas ( krn profesi prg tertinggi yg diakui pemerintah saat ini adalah DIV, berdasarkan Kepmenkes Nomor 378/Menkes/SK/III/2007;I batasan dan ruang lingkup profesi butir D, standar pendidikan Perawat gigi)..

  131. abit mengatakan:

    saya lulusan perawat gigi masih nganggur karena gaji tidak memungkingkan ”’
    mles perwat gigi hkirna ganti propesi yg lain hrkrna mnguntungkan marketing meneger

  132. ita mengatakan:

    mohon info, untuk tahun 2013 ini apa akan ada program jalur khusus untuk D3?

  133. dedygigi mengatakan:

    Kepada teman-teman pengurus PPGI se Indonesia, saya mau usul agar Pendidikan lanjutan S1 Keperawatan gigi dan S2 dimasukkan kedalam Peraturan Menteri Kesehatan atau Keputusan Menteri Kesehatan tentang standar profesi perawat gigi.

  134. dedygigi mengatakan:

    Sorry nyambung komentar yang di atas, kepada pengurus PPGI pusat dan PPGI seluruh Indonesia, banyak hal-hal yang perlu di perjuangkan untuk memajukan profesi perawat gigi, antara lain:
    1. Mengusulkan kepada menkes RI agar S1 & S2 keperawatan gigi agar dimasukkan kedalam kepmenkes atau permenkes karena sekarang sudah ada program studi tersebut di FKG UGM Yogyakarta, sabagai perbandingan (compare) pendidikan minimal perawat gigi diluar negeri adalah S1.
    2. Memperjuangkan atau mengupayakan agar STR perawat gigi di semua jenjang pendidikan agar lebih cepat diselesaikan karena sudah setahun saya dan teman-teman di Kalimantan Barat, mungkin dibeberapa provinsi lainnya STR perawat gigi belum jelas kapan selesainya.
    3. Mengusulkan kepada Menkes RI agar perawat gigi dapat dikategorikan ke dalam penilaian tenaga kesehatan teladan, karena didalam kepmenkes no:658/menkes/sk/iv/2005 tentang pedoman penilaian tenaga kesehatan teladan di puskesmas, perawat gigi tidak dicantumkan sebagai sasaran penilaian tenaga kesehatan teladan padahal perawat gigi juga dapat membantu didalam meningkatkan derajat kesehatan, contoh : a).dari hasil penelitian, apabila ibu hamil mendapatkan masalah kesehatan giginya maka akan berpengaruh kepada nutrisi untuk janinnya sehingga dapat memungkinkan bayi yang dilahirkan menjadi kematian (BBLR), nah perawat gigi dapat berperan untuk merawat kesehatan gigi ibu hamil tersebut.
    b).Gigi merupakan organ pencernaan yang penting, apabila bayi atau balita giginya bermasalah tentu akan berpengaruh pada nutrisinya, perawat gigi juga dapat berperan didalam menjaga dan merawat gigi bayi dan balita tersebut. Oleh karena itu perawat gigi dapat membantu berperan menekan angka kematian bayi dan meningkat status gizi bayi dan balita.

    Mari teman-teman perawat gigi seluruh Indonesia, agar memperjuangkan profesi kita agar lebih maju…( Dedy Syahriyanto, S.Kp.G. Angkatan I ekstensi prodi S1 keperawatan Gigi FKG UGM)

  135. tinut mengatakan:

    asslamualaikum selamat sore rekan semua..
    mohon info,,ada gak yah kuliah ekstensi s1 kesehatan masyarakat yang bisa di lakukan jarak jauh (online)

    terimakasih

  136. yunan mengatakan:

    assalamualaikum. dibutuhkan perawat gigi untuk klinik. hub. drg sari 08122779476

  137. Katon Sigit Jayadi mengatakan:

    D3 JKG bisa lanjut ke D4 teknik gigi??
    thank you…..

  138. adit mengatakan:

    butuh perawat gigi penempatan kota semarang kirim CV lengkap ke aditiya_revo99@yahoo.co.id

  139. irma mengatakan:

    haii… aku mau tanya persyaratan apa aja buat lanjutan ke d4 asistensi bedah mulut di jkg bandung / apa aja yang ada d4 di bandung

  140. Elisabeth Sonia mengatakan:

    hai smua aku Elisabeth dari JKG Medan
    tolong infonya ya karna aku mau ngelanjut ke DIV keperawatan gigi. Thanks

  141. Elisabeth Sonia mengatakan:

    Ditunggu ya infonya,,
    Thanks before :)

  142. rina saputra mengatakan:

    ada yg tau tidak tuidak ya tahun 2014 Progsus D3 gigi buka dimana ya?? tolong info nya ya bagi yg tau..tks

  143. Ayo kawan2 semangat ……….,bagi yang sudah memenuhi syarat PERMENKES 58 2012 segera urus ijin prakteknya, untuk tingkatkan derajad dan kesejahteraan kawan2 semua biar NANTI setelah berjalan prakteknya akan tambah ber semangat untuk sekolah atau kursus singkat demi menambah pengetahuan JANGAN KALAH SAMA TUKANG GIGI YANG BER MODAL DENGKUL DAN KURSUS/ SEMINAR SAJA BERANI PRAKTEK BAHKAN JUGA AKAN DIBERIKAN IZIN PRAKTIK SEPERTI KITA. Jangan malas karena PROSES membuat permen tidaklah mudah dan dengan biaya tinggi, jangan takut memproses izin karena Dinkes seluruh Indonesia akan membantu anda semua dengan semangat tinggi demi tertibnya administrasi serta terjaganya kopetensi anda . Alhamdullilah saya sudah mencoba dan berhasil mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: